pengertian dan sejarah sistem operasi



Sejarah sistem operasi


kali ini saya akan membahas tentang Sintem Operasi dan Sejarah Sistem Operasi, selanjutnya agar lebih mengetahui ayo kita baca di bawah ini :




Pengertian Sistem Operasi :
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

           Sejarah Sistem Operasi :

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

·         Generasi pertama (1945 – 1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem kompotasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem operasi komputer di beri instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

·         Generasi kedua (1955 – 1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini system komputer belum di lengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi system operasi ialah FMS (Fortran Monitor System) dan IB SYS (sistem operasi untuk IBM 7094).

·         Generasi ketiga (1965 – 1980)
Pada generasi ini perkembangaan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak progarm sekaligus).
Mengenalkan multi-user : komputer memiliki resource, yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
Menganal multi-progamming : komputer melayani banyak proses sekaligus pada waktu yang bersamaan dengan menerapkan partisi memori menjadi beberapa bagian memori dengan satu bagian memori untuk satu JOB berbeda. Saat itu JOB menunggu operasi I/O selesai, JOB lain dapat menggunakan proses.

·         Generasi keempat (pasca 1980-an)
Sistem operasi ini dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari kebenaran komputer – komputer yang saling terhubung satu sama lain.

·         Generasi kelima ( 1990 – sekarang)
-) pengembangan sistem operasi windows.
-) pengembangan internet dan  multimedia.
-) pengembangan aplikasi yang berbari Web/WWW.

 terima kasih telah membacanya dan semoga bermanfaat buat anda kawan, jangan lupa kasih komentar dan saran terbaik. #SHARING-INFO :-v
Previous
Next Post »