pengertian dan rumus lengkap Ms. Excel



Microsoft Excel



Pengertian Microsoft Excel Lengkap

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Setiap rumus di dalam MS Excel memilik fungsi tersendiri. Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasarnya agar penggunaan rumus dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien. Jika telah paham fungsi dasarnya, Saya rasa Anda bisa berkreasi dalam meracik rumus yang sesuai dengan kebutuhan data Anda.

Cara Menulis Rumus Di Ms. Excel

Cara 1: Menulis rumus dengan mengetikkan angka langsung
1)      Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan 
2)      Pada formula bar, ketikkan = 1000000+500000, lalu tekan tombol enter.

Cara 2: Menulis rumus dengan menggunakan alamat sel
1)      Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan 
2)      Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter.

Cara 3: Menulis rumus dengan bantuan mouse
1)      Letakkan penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
2)      Ketikkan = , kemudian pilih dan klik sel C4
3)      Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
4)      Tekan tombol enter



MENGENAL FUNGSI ATAU RUMUS DI MS. EXCEL

      Fungsi Average
    Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah :
{=AVERAGE(number1, number2,…)}, dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya. Misalnya untuk mengisi nilai rata-rata dari range data D7 sampai J7, maka rumusnya adalah =AVERAGE(D7:J7) kemudian tekan tombol Enter.



Fungsi Sum
    Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :
 {=SUM(number1, number2,…)}. Dimana number1, number2 dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan. Misalnya untuk menjumlahkan range data D7 sampai J7, maka rumusnya adalah =SUM(D7:G7) kemudian tekan tombol Enter.



Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah :

{=MAX(number1, number2,…)}, dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Misalnya untuk mencari nilai maksimal dari range data D7 sampai J7, maka rumusnya adalah =MAX(D7:J7) kemudian tekan tombol Enter.

Fungsi Min
Fungsi Min adalah kebalikan dari fungsi Max, jika fungsi Max untuk mencari nilai tertinggi atau maksimal maka Min adalah untuk mencari nilai terkecil atau minimum dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah :

{=MIN(number1, number2,…)}, dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya. Sebagai contoh untuk mencari nilai terendah dari range data E8 sampai G8, maka rumusnya adalah =MIN(E8:G8) kemudian tekan tombol Enter.


Previous
Next Post »