UNIT MASUKAN DAN KELUARAN PADA
SISTEM KOMPUTER
UNIT MASUKAN DAN KELUARAN
Sistem Komputer
Sistem komputer
memiliki tiga komponen utama, yaitu : CPU, Memory (primer & sekunder), dan
peralatan masukan/keluaran (I/O) seperti printer, monitor, keyboard, mouse dan
modem. dalam menjalankan fungsinya sebagai masukan dan keluaran diperlukan
modul I/O. Modul I/O merupakan peralatan antarmuka (interface) bagi
sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih
perangkat periperhal.
Modul I/O tidak hanya
sekedar mosul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logika dalam
melakukan fungsi komunikasi antara perperhal dan bus komputer. Ada beberapa alasan kenapa tidak
langsung dihubungkan dengan bus komputer yaitu:
- Bervariasinya metode operasi piranti periperhal, sehingga tidak praktis apabila sistem komputer harus menangani berbagai macam sistem operasi periperhal tersebut.
- Kecepatan transfer data piranti periperhal umumnya lebih lambat daripada laju transfer data pada CPU
- Format dan panjang data pada piranti periperhal seringkali berbeda dengan CPU, sehingga perlu modul untuk menselaraskannya.
Dari beberapa alasan
diatas, modul I/O memiliki 2 buah fungsi utama, yaitu :
- Sebagai piranti antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem.
- Sebagaimana piranti antarmuka dengan peralatan periperhal lainnya menggunakan link data tertentu.
Sistem Masukan dan Keluaran Komputer
Bagaimana modul I/O dapat
menjalankan tugasnya, yaitu menjembatani CPU dan memori dengan dunia luar
merupakan hal terpenting untuk kita ketahui. Inti mempelajari sistem I/O
komputer adalah mengetahui fungsi dan struktur kerja modul I/O.
Gambar 1. model generik dari suatu modul I/O
Fungsi Modul Input/Output
Modul I/O adalah sebuah
komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah
perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab juga terhadap pertukaran data
antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun register-register
dalam CPU. Dalam mewujudkan fungsi tersebut, diperlukan antarmuka internal
dengan komputer (CPU dan memori utama) dan antarmuka dengan perangkat
eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan.
Dua fungsi utama
Modul I/O ialah :
· Sebagai piranti
antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem.
· Sebagai piranti
antarmuka dengan peralatan peripheral lainnya dengan menggunakan link data
tertentu
Fungsi dalam menjalankan
tugas, modul I/O dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:
- Kontrol dan pewaktuan
- Komunikasi CPU
- Komunikasi dengan perangkat eksternal
- Pem-buffer-an data
- Deteksi kesalahan
Fungsi kontrol dan pewaktuan
(control & timming) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan
kerja masing-masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU
berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan
kecepatan transfer data yang beragam, baik dengan perangkat internal seperti
register-register, memori utama, memori sekunder, perangkat periperhal.
Proses tersebut bisa berjalan apabila ada fungsi kontrol dan pewaktuan
yang mengatur sistem secara keseluruhan. Contoh kontrol pemindahan data
dari periperhal ke CPU melalui sebuah modul I/O meliputi langkah-langkah
sebagai berikut:
- Permintaan dan pemeriksaan status perangkat dari CPU ke modul I/O.
- Modul I/O memberikan jawaban atas permintaan CPU tersebut.
- Apabila perangkat eksternal telah siap untuk transfer data, maka CPU akan mengirimkan perintah ke modul I/O
- Modul I/O akan menenrima paket data dengan panjang tertentu dari periperhal.
- Selanjutnya data dikirim ke CPU setelah diadakan seinkronisasi panjang data dan kecepatan transfer oleh modul I/O sehingga paket-paket data dapat diterima CPU dengan baik.
Transfer data tidak akan
lepas dari penggunaan sistem bus, maka interaksi CPU dan modul I/O akan melibatkan
kontrol dan pewaktuan sebuah arbitrasi bus atau lebih. Ada fungsi komunikasi
antara CPU dan modul I/O meliputi proses-proses berikut ini :
- Command Decoding, yaitu modul I/O menerima perintah-perintah dari CPU yang dikirimkan sebagai sinyal bus kontrol. Misalnya, sebuah modul I/O untuk disk dapat menerima perintah : Read sector, Scan Record ID, Format disk.
- Data, pertukaran data antara CPU dan modul I/O melalui bus data.
- Status Reporting, yaitu pelaporan kodisi status modul I/O maupun perangkat periperhal, umumnya berupa status kondisi busy atau ready. Juga status bermacam-macam kodisi kesalahan (error).
- Address recognition, bahwa peralatan atau komponen penyusun komputer dapat dihubungi atau dipanggil maka harus memiliki alamat yang unik, begitu pula pada perangkat periperhal, sehingga setiap modul I/O harus mengetahui alamat periperhal yang dikontrolnya
Pada sisi modul I/O ke
perangkat periperhal juga terdapat komunikasi yang meliputi komunikasi data,
kontrol maupun status.
Gambar 2. Skema suatu perangkat periperhal
Fungsi selanjutnya adalah buffering.
Tujuan utama buffering adalah mendapatkan penyesuaian data
sehubungan perbedaan laju transfer data dari perangkat periperhal dengan
kecepatan pengolahan pada CPU . Umumnya laju transfer data pada dari perangkat
periperhal lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpanan.
Fungsi terakhir adalah
deteksi kesalahan. Apabila pada perangkat periperhal terdapat masalah sehingga
proses tidak dapat dijalankan, maka modul I/O akan melaporkan kesalahan
tersebut. Misalnya informasi pada periperhal printer seperti: kertas tergulung,
kertas habis, tinta habis, dan lain-lain. Teknik yang umum untuk deteksi
kesalahan adalah penggunaan bit paritas.
Struktur Modul Input/Output
Terdapat berbagai macam
modul I/O seiring perkembangan komputer itu sendiri, contoh yang sederhana dan
fleksibel adalah intel 8255A yang sering disebut PPI (Programmable
Periperhal Interface). Bagaimanapun komplesitas suatu modul I/O terdapat
kemiripan struktur,.
Antarmuka modul I/O ke CPU melalui bus sistem
komputer terdapat tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran
kontrol. Bagian terpenting adalah blok logika I/O yang berhubungan dengan semua
peralatan antarmuka periperhal, terdapat fungsi pengaturan dan switching
pada blok ini.
Teknik Masukan dan Keluaran
Terdapat tiga buah teknik operasi
I/O, yaitu : I/O terprogram, interrupt-driven I/O, dan DMA (Dirrect
Memory Access). Ketiganya memiliki keunggulan dan kelemahan, yang
penggunanya disesuaikan sesuai unjuk kerja masing-masing teknik.
I/O Terprogram
Pada I/O terprogram, data saling
dipertukarkan antara CPU dan modul I/O. CPU mengeksekusi program yang
memberikan operasi I/O kepada CPU secara langsung seperti pemindahan data,
pengiriman perintah baca atau tulis dan monitoring perangkat.
I/O terprogram
mempunyai kelemahan sebagai berikut :
· CPU akan menunggu
sampai operasi I/O selesai dilakukan modul I/O sehingga akan membuang waktu,
CPU lebih cepat proses operasinya.
· Dalam teknik ini,
modul I/O tidak dapat melakukan interupsi kepada CPU terhadap proses – proses
yang diinteruksikan padanya.
· Seluruh proses
merupakan tanggung jawab CPU sampai operasi lengkap dilaksanakan
Untuk melaksanakan
perintah-perintah I/O, CPU akan mengeluarkan sebuah alamat bagi modul I/O dan
perangkat periperhalnya sehingga terspesifikasi secara khusus dan sebuah
perintah I/O yang akan dilakukan. Terdapat empat klasifikasi perintah
input/output, yaitu:
- Perintah Control yaitu perintah yang digunakan untuk mengaktivasi perangkat periperhal dan memberitahukan tugas yang diperintahkan kepadanya.
- Perintah Test, yaitu perintah yang digunakan CPU untuk menguji berbagai kondisi status modul I/O dan periperhalnya. CPU perlu mngetahui perangkat periperhalnya dalam keadaan aktif dan siap digunakan, juga untuk megetahui operasi-operasi I/O yang dijalankan serta mendeteksi kesalahannya.
- Perintah Read, yaitu perintah pada modul I/O untuk mengambil suatu paket data kemudian menaruhnya di dalam buffer internal. Proses selanjutnya paket data dikirim melalui bus data setelah terjadi sinkronisasi data maupun kecepatan transfernya.
- Perintah Write, Perintah ini kebalikan dari read. CPU memerintahkan modul I/O untuk mengambil data dari bus data untuk diberikan pada perangkat periperhal tujuan data tersebut.
Dalam teknik I/O terprogram,
terdapat dua macam implementasi perintah I/O yang tertuang dalam instruksi I/O,
yaitu memory mapped I/O dan isolated I/O.
Dalam memory mapped I/O,
terdapat ruang tunggal untuk lokasi memori dan perangkat I/O. CPU memperlakukan
register status dan register data pada modul I/O sebagai lokasi memori dan
menggunakan instruksi mesin yang sama untuk mengakses baik memori maupun
perangkat I/O. Konsekuensinya adalah diperlukan saluran tunggal untuk pembacaan
dan saluran tunggal untuk penulisan. Keuntungan memory mapped ini adalah
efisien dalam pemrograman namun memakan banyak ruang memory alamat.
Dalam teknik isolated
I/O, dilakukan pemisahan ruang pengalamatan bagi memori dan ruang
pengalamatan bagi I/O. Dengan teknik ini diperlukan bus yang dilengkapi dengan
pembacaan dan penulisan memori ditambah dengan saluran perintah output.
Kesuntungan isolated I/O adalah sedikitnya instruksi I/O.
Interrupt - Driven I/O
Teknik
interupt driven I/O memungkinkan proses memungkinkan proses tidak
membuang-buang waktu. Prosesnya adalah CPU mengeluarkan perintah I/O pada modul
I/O, bersamaan perintah I/O dijalankan oleh modul I/O, maka CPU melakukan
eksekusi perintah-perintah lainnya. Apabila modul I/O telas selesai menjalankan
instruksi yang diberikan padanya, maka modul I/O tersebut kemudian akan
memberikan interupsi pada CPU bahwa tugasnya telah selesai.
Dalam teknik ini kendali
perintah masih menjadi tanggung jawab CPU, baik pengambilan perintah dari
memori maupun pelaksanaan isi perintah tersebut. Terdapat selangkah kemajuan
dari teknik sebelumnya, yaitu CPU melakukan multitasking beberapa
perintah sekaligus sehingga tidak ada waktu tunggu bagi CPU.
Cara kerja teknik interupsi di
sisi modul I/O adalah modul I/O menerima perintah, misalnya read.
Kemudian modul I/O melaksanakan perintah pembacaan dari periperhal dan
meletakkan paket data ke register data modul I/O, selanjutnya modul
mengeluarkan sinyal interupsi ke CPU melalui saluran kontrol. Kemudian mosul
menunggu datanya diminta CPU. Saat permintaan terjadi, modul meletakkan data
pada bus data dan modul siap menerima perintah selanjutnya.
Pengolahan interupsi saat
perangkat I/O telah menyelesaikan sebuah operasi I/O adalah sebagai berikut:
- Perangkat I/O akan mengirimkan sinyal interupsi ke CPU.
- CPU menyelesaikan operasi yang sedang dijalankan kemudian merespon interupsi.
- CPU memeriksa interupsi tersebut, kalau valid maka CPU akan mengirimkan sinyal acknoledgement ke perangkat I/O untuk menghentikan interupsinya.
- CPU mempersiapkan pengontrolan transfer routine interupsi. Hal yang dilakukan adalah menyimpan informasi yang diperlukan untuk melanjutkan operasi yang tadi dijalankan sebulum adanya interupsi. Informasi yang diperlukan berupa : Status Processor, berisi register yang dipanggil PSW (Program Status Word) dan Lokasi intruksi berikutnya yang akan dieksekusi
- Kemudian CPU akan menyimpan PC (Program Counter) eksekusi sebelum interupsi ke stack pengontrol bersama informasi PSW. Selanjutnya mempersiapkan PC untuk penanganan interupsi.
- Selanjutnya CPU memproses interupsi sampai selesai.
- Apabila pengolahan interupsi selesai, CPU akan memanggil kembali informasi yang telah disimpan pada stack pengontrol untuk meneruskan operasi sebelum interupsi.
Terdapat bermacam teknik
yang digunakan CPU untuk menangani interupsi ini diantaranya adalah Multiple
interupt lines, Software poll, Daisy Chain, Arbitrasi bus. Teknik yang paling
sederhana adalah menggunakan saluran interupsi berjumlah banyak (Multiple
Interupt Lines) antara CPU dengan modul-modul I/O. Namun tidak praktis untuk
menggunakan sejumlah saluran interupsi modul - modul I/O.
Alternatif lainnya
menggunakan software poll. Prosesnya apabila CPU mengetahui adanya interupsi,
maka CPU akan menuju ke routine layanan interupsi yang tugasnya melakkukan poll
seluruh modul I/O untuk menentukan modul yang akan melakukan interupsi.
Kerugian software poll adalah memerlukan waktu yang lama karen aharus
mengidentifikasi seluruh modul untuk mengetahui modul I/O yang melakukan
interupsi.
Teknik yang lebih efisien
adalah daisy chain, yang menggunakan hardware poll. Seluruh modul
yang tersambung dalam saluran interupsi CPU secara melingkar (chain). Apabila
ada permintaan interupsi, maka CPU akan menjalankan sinyal acknoledgement yang
berjalan pada saluran interupsi sampai menjumpai modul I/O yang mengirimkan
interupsi.
Teknik berikutnya adalah
arbitrasi bus. Dalam metode ini, pertama-tama modul I/O memperoleh kontrol bus
sebelum modul sebelum modul ini menggunakan saluran permintaan interupsi.
Dengan demikian hanya akan terdapat sebuah modul I/O yang dapat melakukan
interupsi.
Macam - macam Alat Input dan Output pada Komputer
IMPUT (Masukkan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai
alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer yang berupa signal
input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa
data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input
berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan
demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk
memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu
disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat
yang demikian disebut sebagai terminal.
Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan
menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat digolongkan
menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan
intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi
sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram
karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut
sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan
memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi
kembali.
Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat
diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent
terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi
sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak
langsung.
Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat
input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya
mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition,
optical data reader atau optical character recognition reader),
sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone).
Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan
melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang
merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat
pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk
(misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Alat input (alat masukan) adalah alat yang digunakan
untuk menerima input atau masukan. Input tersebut merupakan energi yang
dimasukkan ke sistem.
Input terbagi menjadi :
Input terbagi menjadi :
1. Signal
Input : energi yang akan diolah oleh sistem, yaitu data yang dimasukkan ke
sistem computer
2. Maintanace
Input : energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input, dalam sistem
komputer boleh dikatakan maintenance input adalah program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan
1.
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan
mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu
pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype).
Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched
card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak
lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang
terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus
lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol
jari atau papan tuts.
Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf (alphabet)
A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ‘ ~ @
# $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; ” ‘ \ |, tombol fungsi (F1 –
F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104
tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard
umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik
yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan
fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau
tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau
membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol
kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian
dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat
di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau
melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang
lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat
pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada
CPU komputer.
2.
Mouse
Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan
sebutan “Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola
kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil
yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di
dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan
mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan
satu lagi vertikal (atas dan bawah).
Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal
maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor
komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk
(pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya
kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Jika bola
kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua
pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi
umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang
paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah
“Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan
mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang
tidak penting.
Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal
istilah “Drag” yang artinya menggeser atau menarik. Apabila kita menekan tombol
paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya, salah satu akibatnya
obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan
terdapat kemungkinan lainnya. Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis
program aplikasi apa yang kita jalankan. Mouse terhubung dengan komputer dengan
sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukkan dalam
port yang terdapat di CPU komputer.
3.
Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya
mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat
pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer
dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan
hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen
dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang
besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan
yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom
Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000
halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).
Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink.
Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons.
Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih
cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner
itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali
teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian
teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan
tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
Cara kerja Scanner :
Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai
Scanning, yang terjadi adalah :
a. Penekanan
tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin
scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses
pengiriman ke unit scanning.
b. Kemudian unit
scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk
langsung memulai scanning.
c. Nyala lampu
yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai
dilakukan.
d. Setelah nyala
lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat
dilihat pada layar monitor.
e. Apabila hasil
atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan
menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop,
Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar
yang berwarna yaitu :
1. Scanner yang hanya
bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
2. Scanner yang
langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna
tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan
dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi
warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner),
8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita
membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan
bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
4. Kamera Digital
Salah satu input device yang sedang marak belakangan
ini adalah digital camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah
memasukan data berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar,
ke dalam komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk mengambil gambar statis,
sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis seperti video.
5.
MIC
Kalau camera digunakan untuk memasukkan input berupa
gambar (dan suara), maka mic digunakan hanya untuk memasukkan input berupa
suara. Penggunaan mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk
menerima input suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk
mendengarkan hasil rekaman suara.
6. Touch
Screen
Layar monitor yang akan mengaktifkan program bila
layarnya disentuh dengan tangan ( menggantikan mouse).
7. Sensor
Merupakan alat yang mampu secara langsung menangkap data
kejadian fisik, data analog diubah ke analog to digital converter yang akan di
proses.
OUTPUT (Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy
(ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan
menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam
bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan
sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
- Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Sifatnya permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
- Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat panel, dan speaker.
- Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan
lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke
mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter,
dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video
display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk
ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive,
dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
1. Printer dan Plotter
Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device,
karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai
macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat
digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang
sangat besar, digunakanlah plotter.
2. Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device,
karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar
yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data
ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti
layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat
resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar
yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah
sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai
dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
3. Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah
untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus
memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar
yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar
dan berwarna putih (terang).
Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard,
ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
ARSITEKTUR KOMPUTER " MODE PENGALAMATAN "
·
MODE PENGLAMATAN
}
Ada beberapa teknik pengalamatan
}
Immediate Addressing
}
Direct Addressing
}
Indirect Addressing
}
Register addressing
}
Register indirect addressing
}
Displacement addressing
}
Stack addressing
}
Immediate
Addressing
}
Mode pengalamatan immediate addressing sangat
umum dipakai karena harga yang akan disimpan dalam memori langsung mengikuti
kode operasi dalam memori.
}
Mode ini digunakan saat suatu harga atau
konstanta diketahui saat program dibuat dan tidak akan dirubah selama eksekusi
program.
}
Operasi dengan mode ini membutuhkan dua byte
instruksi, satu untuk kode operasi dan satu lagi untuk data byte.
}
Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan
harga dari alamat lain untuk disimpan
Sistem Interkoneksi dan Bus
Organisasi Perangkat Keras Komputer
Organisasi Perangkat Keras Komputer
Organisasi Perangkat Keras Komputer
Struktur Interkoneksi
•
Komputer tersusun atas komponen - komponen atau modul - modul (CPU, memori
dan I/O) yang saling berkomunikasi.
Kumpulan lintasan atau saluran berbagai modul disebut struktur
interkoneksi
Jenis pertukaran data yang diperlukan oleh modul - modul komputer:
•
Memori
ke CPU : CPU melakukan pembacaan data maupun instruksi dari memori.
•
CPU ke
Memori : CPU melakukan penyimpanan atau penulisan data ke memori.
•
I/O ke
CPU : CPU membaca data dari peripheral melalui modul I/O.
•
CPU ke
I/O : CPU mengirimkan data ke perangkat peripheral melalui modul I/O.
•
I/O ke
Memori atau dari Memori : digunakan pada sistem DMA.
•
saluran kontrol meliputi :
•
Memory Write, memerintahkan data pada bus akan dituliskan
ke dalam lokasi alamat.
•
Memory Read
memerintahkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus data.
•
I/O Write, memerintahkan data pada bus dikirim ke lokasi
port I/O.
•
I/O Read, memerintahkan data dari port I/O ditempatkan
pada bus data.
•
Transfer ACK, menunjukkan data telah diterima dari bus
atau data telah ditempatkan pada bus.
•
Bus Request, menunjukkan bahwa modul memerlukan kontrol
bus.
•
Bus Grant, menunjukkan modul yang melakukan request telah
diberi hak mengontrol bus.
•
Interrupt Request, menandakan adanya penangguhan interupsi
dari modul.
•
Interrupt ACK, menunjukkan penangguhan interupsi telah
diketahui CPU.
•
Clock, kontrol untuk sinkronisasi operasi antar modul.
•
Reset, digunakan untuk menginisialisasi seluruh modul.
Elemen Perancangan Bus :Metode Arbritasi
•
Tersentralisasi : pengontrol bus sentral atau arbiter
yang bertugas mengatur penggunaan bus oleh
modul.
•
Terdistribusi : setiap modul memiliki logika pengontrol
akses (access control logic) yang berfungsi mengatur pertukaran
data melalui bus.
•
Timing : Metode terjadinya event dikoordinasikan pada bus
–
Sinchronous : terjadinya event pada bus ditentukan oleh
clock.
–
Asinchronous : terjadinya event pada bus mengikuti dan
tergantung pada event sebelumnya.
Contoh Bus:
•
Bus ISA (Industry Standar Architecture) Vendor pemakai:
IBM
•
Bus PCI Vendor pemakai: Intel
Peripheral Component Interconnect
(PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus
mezzanine atau bus peripheral. PCI memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O
berkecepatan tinggi seperti : video adaptor, NIC, disk controller, sound card,
dan lain-lain.
•
Bus USB / Universal Standard Bus
Untuk peralatan yang memiliki
kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer, 7 vendor komputer
(Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom) bersama-sama
merancang bus USB.
•
Bus SCSI
Small Computer System Interface (SCSI)
adalah perangkat peripheral eksternal yang dipopulerkan oleh macintosh pada
tahun 1984. SCSI merupakan interface standard untuk drive CD-ROM, peralatan audio,
hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar. SCSI
menggunakan interface paralel dengan 8, 16, atau 32 saluran data.
•
Bus P1394 / Fire Wire
Bus performance tinggi yang dikenal
dengan Fire Wire (P1394 standard IEEE). P1394 memiliki kelebihan dibandingkan
dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat, murah, dan mudah untuk
diimplementasikan. Pada kenyataanya P1394 tidak hanya populer pada sistem
komputer, namun juga pada peralatan elektronik seperti pada kamera digital,
VCR,dan televisi. Kelebihan lain adalah penggunaan transmisi serial sehingga
tidak memerlukan banyak kabel.
SIMBOL – SIMBOL FLOWCHART
1. FLOW DIRECTION SYMBOLS
Yaitu, simbol yang dipakai untuk
menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol lainnya atau disebut juga
connecting line
|
Arus / Flow
|
Penghubung antara prosedur / proses
|
|||||||||||||||||||||||||
|
Connector
|
Simbol keluar / masuk prosedur atau proses
dalam lembar / halaman yang sama
|
|||||||||||||||||||||||||
|
Off-line Connector
|
Simbol keluar / masuk prosedur atau proses
dalam lembar / halaman yang lain
|
PROCESSING SYMBOLS
Merupakan simbol yang menunjukkan jenis operasi
pengolahan dalam suatu prosedur
|
Process
|
Simbol yang menunjukkan pengolahan yang
dilakukan
Komputer
|
|||
|
Decision
|
Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan
beberapa kemungkinan jawaban / aksi
|
|||
|
Predefined Process
|
Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang
akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage
|
|||
|
Terminal
|
Simbol
untuk permulaan atau akhir darti suatu program
|
|||
|
Manual Input
|
Simbol untuk pemasukan data secara manual
on-line keyboard
|
INPUT OUTPUT SYMBOLS
Simbol yang dipakai untuk menyatakan jenis peralatan yang
digunakan sebagai media input atau output
|
Input-Output
|
Simbol yang menyatakan proses input dan
output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya
|
|
Document
|
Simbol yang menyatakan input berasal dari
dokumen dalam bentuk kertas atau output di cetak dikertas
|
|
Disk and On-line Storage
|
Simbol untuk menyatakan input berasal dari
disk atau output di simpan ke disk
|